Sejarah Tasbeh Sunan Bonang

Sejarah-Tasbeh-Sunan-Bonang
16-Mar-2018 | sorotnuswantoro indonesia

Tasbih Biji Pisang Sunan Bonang berasal dari pohon pisang yang sangat langka, karena jenis pisang ini tidak mempunyai anak atau dapat beranak sebagai mana jenis pisang secara umum. Sehingga pengembangbiakan jenis pisang ini di dihasilkan dari bijinya. Selain itu, pohon pisang ini hanya tumbuh di dekat makam Sunan Bonang yang berada di Tuban, Jawa Timur.

namun kami menemukan sebuah pohon pisang sunan bonang di kraton mojo agung sawangan depok milik abah ayung,santrinya menuturkan bahwa abah mengambil tunas pohon pisang sunan bonang di makam sunan bonang dan saat ini mulai tumbuh dan berbuah ,dan biji pisang tersebut di jadikan tasbeh oleh para santrinya ujar supatra (santri abah)

Sejarah munculkan Pohon Pisang ini sangat unik, bahwa Sunan Bonang yang merupakan salah satu Wali Songo, Konon saat ia sedang berzikir dengan khusuknya, tiba- tiba tasbih di tangannya putus talinya, maka secara spontanbiji tasbih yang berjumlah 100 butir jatuh berantakan.

Para santri yang menyaksikan bahwa tasbih dzikir Gurunya segera membantu untuk mengumpulkan biji- bijian tasbih tersebut lalu diperbaiki kembali. pada saat sudah menjadi untaian tasbih kembali ketika di hitung ternyata tertinggal 99 buah , masih satu biji yang hilang. Dari sinilah sejarah tasbih mengapa bijinya kok 99 buah yang beredar banyak di Indonesia.

Setelah lama dicari, tanpa di duga Sunan Giri menemukannya namun ketika di berikan pada Sunan Bonang, beliau justru berkata "BIARLAH YANG SATU ITU DI TANAM SAJA , UNTUK MENGHIDUPKAN ANAK CUCU DISINI", dari kata kata Sunan Bonang ini sangat banyak sekali memiliki makna tuah untuk jenis pohon pisang ini.

Waktu seiring berjalan maka muncullah Pohon pisang yang berbiji di bekas tanaman biji tasbih Sunan bonang itu dan ternyata jenis pisang itu buahnya tidak bisa di makan karena mengandung biji - bijian. Hingga akhirnya oleh para santri biji pohon pisang ini di buat tasbih, hingga akhirnya dari turun temurun sudah menjadi kerajinan rakyat Tuban, Jawa Timur dan banyak yang menyebutnya Tasbih Biji Pisang Sunan Bonang.

Jenis tasbih biji pisang ini jika dipakai berdzikir makin lama makin berkilau kehitaman, walau terbuat dari biji pisang yang ada lobang didalamnya namun juga sangat kuat. inilah misteri dari tasbih biji pisang sunan bonang.

Tags