Baduy Masuk 50 Besar Nominasi Adwi 2022

Baduy Masuk 50 Besar Nominasi Adwi 2022
16-Oct-2022 | sorotnuswantoro LEBAK

Desa Wisata Saba Budaya Baduy masuk dalam 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam rangka penilaiam ADWI 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno beserta jajarannya mengunjungi Desa Wisata Saba Budaya Baduy Kecamatan Leuwidamar untuk melakukan penilaian lapangan, Sabtu (15/10/2022).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya bersama Forkopimda Kabupaten Lebak, dan juga Kepala Desa Kanekes. Turut menghadiri pada kesempatan tersebut Asisten Daerah Provinsi Banten beserta jajarannya.

Sandiaga menceritakan pengalamannya setelah sempat bermalam di Desa Wisata Saba Budaya Baduy. Ia terkesan dengan budaya di Baduy dan berpesan untuk selalu menjaga serta melestarikan kearifan budayanya.

"Tadi malam tiba di Baduy dan tadi pagi saya langsung ke rumah Kepala Desa Kanekes. Disitu saya melihat cara membakar singkong dan menggunakan kayu bakar. Kemudian ke Kampung Gajebo dan menanam padi secara tradisional. Saya terkesan desa ini ada aspek budayanya. Namun yg perlu kita perhatikan adalah bagaimana kita tetap melestarikan budaya lokal agar bisa kita wariskan ke anak cucu kita," ujar Sandiaga.

Sandiaga pun yakin bahwa Desa Wisata Saba Budaya Baduy bisa dijadikan destinasi unggulan, serta tentunya dapat membantu mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Lebak pada umumnya dan masyarakat desa wisata tersebut pada khususnya.

Dalam kunjungannya, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut memberikan sejumlah bantuan fasilitas penunjang bagi desa wisata tersebut.

Sementara itu Bupati Lebak mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke Kabupaten Lebak dimana hal tersebut dapat dijadikan motivasi bagi Kabupaten Lebak yang sedang mewujudkan Lebak sebagai destinasi wisata nasional berbasis potensi lokal.

Tags