Tujuh Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh Redakan Batuk Dan Sariawan

Tujuh Manfaat Daun Saga Untuk Kesehatan Tubuh Redakan Batuk Dan Sariaw
01-Oct-2022 | sorotnuswantoro Banjarnegara

Pada kesempatan pagi ini dr. Agus Ujianto, Msi.Med.,SpB Bersama Yayasan Bumi Sehat Banjarnegara menjelaskan manfaat daun saga.

Manfaat daun saga untuk kesehatan yang paling dikenal salah satunya adalah sebagai obat alternatif untuk menyembuhkan penyakit batuk dan sariawan. Berdasarkan penelitian, kandungan kimia yang terkandung di dalam daun saga antara lain ada flavonoid dan polifenol yang bersifat sebagai antimikroba. Selain itu, juga mengandung glisirizin dan abrin.

Daun saga atau abrus precatorius L ini sendiri merupakan daun yang bentuknya bulat seperti telur dan majemuk, ukurannya kecil, memiliki sirip yang ganji dan memiliki rasa yang agak manis. Ciri khas dari tanaman saga ini adalah tumbuhnya menjalar dan mempunyai buah yang warnanya merah terang dan hitam di bagian dasarnya.

Namun biji saga yang warnanya merah terang ini diketahui sangat beracun, berbanding terbalik dengan daunnya. Bahkan biji saga dapat membunuh manusia dengan proses yang cepat. Sementara daun saga diketahui mengandung banyak hal-hal yang baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu daun saga dipercaya dan biasa digunakan masyarakat sebagai obat tradisional. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat daun saga untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

1. Untuk menyembuhkan batuk

Manfaat daun saga pertama seperti yang sudah diketahui dan paling dikenal yakni adalah sebagai obat untuk menyembuhkan batuk dan juga meredakan suara yang serak. Cara untuk membuatnya sebagai obat batuk terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu merebus daun saga dan meminum air rebusannya tersebut sebagai obat. Air rebusan daun saga memiliki rasa yang manis sehingga dapat melegakan temggorokan dan meredakan gejala-gejala yang menimbulkan batuk dan serak.

2. Untuk mengobati sariawan

Selanjutnya daun saga juga dikenal bermanfaat untuk dijadikan sebagai obat yang mengobati sariawan. Cara untuk menggunakannya juga sangat mudah, kamu bisa memakannya secara langsung maupun merebus daun saga menjadi seperti teh dan menjadikan air rebusannya untuk mengobati sariawan dengan berkumur-kumur hingga sariawannya membaik.

3. Untuk menyembuhkan diare

Salah satu manfaat lainnya dari daun saga untuk kesehatan yakni adalah untuk menyembuhkan diare. Seperti yang diketahui diare merupakan penyakit yang lumrah terjadi dan dialami masyarakat. Bagi kamu yang di wilayahnya muda ditemukan daun saga, kamu bisa menggunakannya untuk meredakan diare. Daun saga dipercaya dapat menyembuhkan dengan skala sedang pada peradangan saluran kemih dan menyembuhkan masalah saluran pencernaan yang lainnya.

4. Dapat mencegah penyakit diabetes dan kanker

Manfaat daun saga selanjutnya adalah diketahui dapat mencegah penyakit diabetes dan kanker. Mengapa bisa dibilang demikian? Karena daun saga mengandung antioksidan, terutama flavonoid dan polifenol yang memiliki sangat banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Antioksidan sendiri biasanya dikenal sebagai penangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit kronis seperti diabetes dan kanker pada manusia.

5. Dapat membantu melawan mikroba dan bakteri jahat

Masih ada manfaat lainnya dari daun saga yang bisa kamu ketahui, salah satunya adalah dapat membantu melawan mikroba dan bakteri jahat di tubuh. Kandungan flavonoid dan polifenol yang terkandung di dalam daun saga juga menjadi bioaktif yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Hal itu diketahui dapat membantu untuk menghambat berbagai jenis penyakit yang berkaitan dengan masuknya mikroba dan bakteri ke dalam tubuh agar tidak berkembang.

Pada salah satu penelitian, manfaat daun saga dikonfirmasi memiliki efek pada seseorang yang menderita penyakit yang berkaitan dengan bakteri seperti Staphylococcus aureus dan Escherichia coli.

Bakteri S. aureus sendiri diketahui dapat menimbulkan. infeksi yang ditandai dengan munculnya kulit bernanah. Sementara pada kasus yang berat, bakteri tersebut bisa menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui aliran darah (bakteremia). Setelah itu dapat mengganggu kerja jantung (endokarditis) dan tulang (osteomyelitis).

Sedangkan bakteri E. coli juga bisa menimbulkan diare hingga keracunan makanan. Dan pada kasus yang berat, dapat menyebabkan pneumonia dan infeksi saluran kemih akibat bakteri jahat tersebut.

6. Dapat mengobati luka

Ternyata daun saga di negara lain juga dikenal bermanfaat untuk penyembuh luka karena digunakan menjadi obat tradisional untuk luka luka luar. Misalnya seperti di Semenanjung Malaya, yang biasanya diketahui menggunakan daun saga yang ditumbuk atau dihaluskan untuk mengobati luka luar dengan membalurkannya pada area yang luka tersebut.

7. Dapat meredakan demam dan sakit kepala

Manfaat daun saga yang lainnya adalah dapat meredakan demam dan sakit kepala. Seperti yang biasanya dilakukan di negara Tiongkok, mereka percaya bahwa daun saga bermanfaat untuk demam dan sakit kepala. Sehingga nantinya penyakit tersebut dapat menyembuhkannya.

Meskipun demikian, manfaat daun saga masih belum memiliki bukti ilmiah untuk menjadi pengganti dari obat-obatan yang telah diresepkan dan diracik oleh dokter. Selain itu, efek samping dan keamanan dari daun saga yang digunakan sebagai obat tradisional ini juga masih belum banyak diketahui.

Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu masalah kesehatan seperti yang tertera di atas kepada dokter. Jika memang kamu ingin menggunakan daun saga sebagai sebuah obat alternatif, demi keamanan dan kenyaman bersama kamu tetap harus berkonsultasi pada dokter atau tenaga medis yang sedang merawat kamu.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dari daun saga yang bisa kamu ketahui. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya.

Tags