Mengenal Kesenian tradisi Dan Budaya Kabupaten Ciamis

Mengenal Kesenian tradisi Dan  Budaya Kabupaten Ciamis
24-Sep-2022 | sorotnuswantoro Brebes

Ciamis adalah sebuah Kabupaten yang berada di provinsi jawa barat letaknya di jalan lintas jalur Bandung, Yogyakarta dan Surabaya

Kabupaten Ciamis adalah salah satu Kabupatan yang memiliki peninggalan bersejarah dan nilai budaya yang masih terjaga hingga saat ini.

Sepanjang perjalanan dari waktu ke waktu hingga meninggalkan jejak bersejarah dari jaman kerajaan Galuh kemudian di kalahkan Kerajaan Mataram hingga memasuki era moderen Kabupaten Ciamis banyak mengalami perubahan dalam berbagai bidang juga aspek kehidupan yang terus berkembang.

Kabupatan Ciamis terkenal dengan beraneka ragam warisan budaya, tradisi juga seni tradisional yang tidak lepas dari ciri khas masyarakat sunda yang terus berkembang pesat menjadikan seni sebagai suatu budaya Nasional dan memperkenalkan seni tradisional kepada dunia.

Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah Negara yang memiliki ke anaka ragam seni dan budaya juga tradisi berbeda-beda bahkan kebudayaan Indonesia sudah tidak asing lagi di berbagai Negara.

Budaya Nasional berasal dari suatu Daerah yang merupakan ciri khas pada suatu Wilayah tertentu dan menjadinya sebuah tradisi yang tetap di pertahankan.

Memahami sebuah tradisi tentunya perlu pengamatan yang mendalam dari mulai budaya juga adat istiadat

Tradisi di suatu Wilayah merupakan warisan yang membentuk prilaku masyarakat menjadi sebuah kebiasaan yang tetap di pertahankan nilai budayanya.

Seperti Budaya nyuguh dan juga kesinian Gondang bahul yang berasal dari Kampung Kuta yang berada di Desa Karangpaningal Kabupaten Ciamis.

Kesenian Gondang Bahul merupakan kesenian warisan budaya dari Nenek moyang terdahulu dan di wariskan kepada anak cucu secara turun temurun,kesenian Gondang bahul adalah tradisi Kampung Kuta konon tradisi ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur.

Kesenian Gondang bahul pada masa itu alat tersebut di gunakan untuk menumbuk padi dengan menggunakan lisung seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman alat penumbuk padi berubah menjadi alat kesenian yang banyak menarik perhatian para pengunjung .

Masyarakat kampung Kuta masih sangat mempertahankan budaya ini terbukti dengan adanya tradisi yang masih di lestarikan hingga saat ini.Kampung Kuta memiliki karak teristik yang tidak di miliki Kampung lainnya misalnya kesenian,tradisi bangunan rumah yang membentuk rumah adat kemudian adanya ketua adat yang masih di pertahankan oleh masyarakat.

Tags