Ratusan Peserta Meriahkan Festival Bakar Bandeng Mojo 2022 Di Pemalang

Ratusan Peserta Meriahkan Festival Bakar Bandeng Mojo 2022 Di Pemalang
07-Aug-2022 | sorotnuswantoro Pemalang

Ratusan peserta memadati Festival Bakar Bandeng Mojo 2022 yang digelar di sepanjang Jalan Perumahan tanggul Sungai Comal Desa Mojo. Penyelenggaraan festival di tahun 2022 ini sekaligus untuk menyemarakkan sedekah laut/baritan Desa Mojo, Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah, Sabtu (6/8/2022).

Beragam peserta yang hadir dari bergai wilayah di Pemalang, untuk mencicipi kuliner ikan bakar di tengah acara tradisi sedekah laut yang dijadwalkan pada hari Minggu (7/8) besok siang.

Ketua Panitia Festival Bakar Bandeng Mojo 2022 Dwiyono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan dukungan dari masyarakat Nelayan, petani Tambak, pedagang ikan serta warga Desa Mojo pada umumnya.

Kami atas nama masyarakat bersama komunitas (Singsong Comunity) Desa Mojo dengan disuport para Petani Nelayan, Petani Tambak, pedagang Bandeng mengadakan Festival Bakar Bandeng yang dibuka untuk umum, dengan harapan dari hasil kelola ikan Bandeng UMKM Desa Mojo ini meningkat, ujar Dwiyono Ketua panitia, Sabtu (6/8).

Kegiatan ini selain didampingi para anggota OISCA yang ada di Desa Mojo, juga peran serta puluhan Mahasiswa Unes yang melakukan KKN serta dukungan elemen masyarakat sekitar Desa Mojo.

Kegiatan yang bertema Festival Bakar Bandeng Mojo Th 2022. "Kali ini, dihadiri Bupati Mukti Agung Wibowo bersama penjabat PLT (Sekda) Sekertaris Daerah dan Jajaran Forkopimda Kabupaten Pemalang. Tidak ketinggalan pula turut hadir Jajaran Forkopincam Kecamatan Ulujami.

Seperti biasah dalam sambutannya Bupati Mukti Agung Wibowo diawali dengan lontaran salam kepada masyarakat Pemalang. Ucapan salam sehat salam Aman untuk mencairkan suasana lebih akrab.Dikesempatan itu Bupati Mukti Agung Wibowo menyampaikan Apresiasinya kegiatan yang diselenggarakan di bulan agustusan hari proklamasi kemerdekaan ini. Harapannya olahan ikan bandeng Desa Mojo bisa menunjang perekonomian lokal yang lebih baik. Selain itu mendukung supaya komoditi olahan ikan bandeng di Pemalang ini bisa dikenal secara Nasional dari Kota sendiri. Hal ini jangan sampai olahan bandeng Pemalang dikenal sebagai daerah lain, Pungkas Bupati.

Pantauan di lokasi, Festival Bakar Bandeng Mojo 2022 berlangsung cukup meriah. Peserta diramaikan dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewas. Mereka datang dengan membawa kupon pserta dari Panitia.

Dalam Festival Bakar Bandeng Mojo 2022 itu, puluhan pedagang UMKM juga turut serta membuka stand dilokasi. Peserta bakar bandeng juga diiringi musik live Organ Tunggal sekaligus lomba Karaoke menambah kemeriahan acara perdana tersebut.Sebagai Neraca perdagangan Petani Tambak, Petani Nelayan binaan di Desa Mojo ini, Tambak adalah harapan satu-satunya penunjang ekonomi lokal di kampung Nelayan yang ada di Pemalang.

Diantaranya, Desa - desa Nelayan yang berada di beberapa Kecamatan di Pemalang. Seperti Kecamatan Ulujami meliputi Desa Mojo, Desa Blendung, Desa Kertosari, Desa Ketapang, Desa Limbangan dan Desa Pesantren. Untuk Kecamatan Petarukan, Desa Kendalrejo, Desa Nyamplungsari. Dan Kecamatan Taman meliputi satu Desa Asemdoyong. Selanjutnya termasuk kampung Nelayan wilayah Kelurahan Sugiwaras, Kampung Nelayan Desa Danasari Kec/Kab Pemalang, Jawa Tengah.Liputan (Rae)

Tags