Ilmuwan Panas Bumi Menginspirasi Sekolah Di Banjarnegara

Ilmuwan Panas Bumi Menginspirasi Sekolah Di Banjarnegara
06-Aug-2022 | sorotnuswantoro Banjarnegara

Dua sekolah, SMP N 1 Banjarnegara dan SMP N 2 Bawang kemarin (5/8) kedatangan tamu istimewa, Dr. Pri Utami, ilmuwan panas bumi kenamaan Indonesia. Pakar Geologi Universitas Gajah Mada (UGM) ini tampil pada “Program Ilmuwan Goes to School 2022” dengan dukungan Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) dan FT UGM.

Di hadapan ratusan peserta didik kelas IX di kedua sekolah tersebut Dr. Pri Utami menjelaskan panjang lebar menggunakan slides presentasi yang sangat eye-catching dan penuh video-video pendek seputar potensi energi terbarukan panas bumi di dataran tinggi Dieng.

Menurut Dr Pri Utami, Energi panas bumi (geothermal) dihasilkan dan disimpan di dalam inti bumi. Panas bumi merupakan sumber energi bersih dan hanya melepaskan sedikit gas rumah kaca. Engergi panas bumi menjadi sumber tenaga listrik.

“Anak-anakku sekalian harus paham bahwa negeri kita Indonesia itu sangat kaya sumber energi panas bumi,” jelas Dr Pri utami sambil memperlihatkan slide-slide presentasinya. “Sekitar 40% cadangan energi geothermal dunia terletak di Indonesia-terbesar di dunia. Cadangan energi panas bumi yang terbesar ada di wilayah barat Indonesia dengan permintaan energi yang paling tinggi: Sumatra, Jawa dan Bali. Sulawesi Utara adalah provinsi yang paling maju dalam penggunaan geotermal untuk energi listrik: sekitar 40% dari pasokan listriknya didapat dari energi geothermal.”

“Kalian tahu tidak bahwa Dieng di Banjarnegara-Wonosobo merupakan salah satu lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Geo Dipa Energi? Dengan kontur pegunungan, sumber air panas, solfatara, fumarole serta bebatuan-Dieng merupakan lokasi yang potensial untuk dikembangkan sebagai sumber energi panas bumi. Total potensi energi panas bumi di sekitar Dieng diperkirakan sebesar 400 MW,” lanjut Dr. Pri.

Kepala SMP N 1 Banjarnegara, Muhammad Masduki mengapresiasi General Stadium yang disampaikan oleh Ilmuwan UGM. Menurutnya, melalui kegiatan ini anak-anak sekolah menengah diharapkan tertarik pada dunia panas bumi (geothermal); saat mereka kuliah di perguruan tinggi kelak, mereka bisa mengambil jurusan Geologi dan nantinya bisa menjadi insinyur dan geologist seperti Dr. Pri.

Sementara itu Kepala SMP N 2 Bawang, Ade Erma, menyatakan terharu menyaksikan anak-anak kelas IX begitu antosias menyimak paparan Dr. Pri Utami.

“Kami berharap ini semua akan membuat anak didik kami makin rajin belajar; ternyata Banjarnegara memiliki potensi energi panas bumi yang luar biasa—dan kita harus menyiapkan SDM (sumber daya manusia) untuk mengolahnya sejak dini—termasuk memotivasi anak didik dengan mendatangkan para ilmuwan seperti Bu Dr. Pri Utami,” jelas Ade Erma.

Tags