Syekh Yaman Sari Dari Timur Tengah

Syekh Yaman Sari Dari Timur Tengah
06-Jul-2022 | sorotnuswantoro Bumiayu

Nusantara adalah negeri yang kaya raya , makmur gemah loh jinawi. Berbagai suku , budaya , adat dan bahasa ada di Nusantara. Semuanya berbaur dan bersatu padu menjadi satu kesatuan dalam Bhineka Tunggal Ika , " Berbeda-beda tetapi satu jua".

Keindahan alam dan kekayaan alam nya sungguh menakjubkan dunia. Berbagai cerita budaya yang ada di Nusantara ini menambah pengetahuan bagi masyarakat dunia bahwa Nusantara adalah Negeri yang kaya raya , tidak hanya kaya akan kekayaan alamnya saja , tapi juga Nusantara kaya akan budayanya.

Bukan hanya itu saja kekayaan Nusantara juga kaya akan kisah sejarah nya. Berbagai kisah nyata yang melegenda dan bersejarah hingga di kenal oleh dunia banyak sekali di Indonesia.

Sejarah ribuan para alim ulama penyebar agama Islam dan para aulia -aulia Alloh SWT ada di Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Salah satu kisah seorang penyebar agama Islam dan sekaligus seorang wali adalah Syech Yaman Sari / Mbah Yaman Sari.

Seorang wali dan penyebar agama Islam yang sangat terkenal dengan ilmu kesaktiannya. Beliau berasal dari negeri Yaman ( Timur Tengah ) ujar Bapak Ropik warga setempat menuturkan.

Di ceritakan bahwa satu langkahan kaki sang wali ini adalah berjarak antara 700 meter walaupun dengan badan beliau yang tingginya 1 meter 20 cm lebih kurangnya . Rambutnya terurai sangat panjang hampir menempel ke tanah , ujar Bapak Miskun menambahkan .

Pernah pada suatu saat dulu dalam perjalanan Beliau sebagai seorang musafir beliau merasa haus dahaga dan akhirnya beliau meminta air minum pada salah satu warga desa , tetapi tidak di beri air minum . Akhirnya Beliau meminta lagi air minum ke tetangganya yang lainnya lagi tidak juga di kasih dan sampai beliau meminta untuk yang ketiga kalinya kepada warga desa yang sama itu juga tidak di berikan air minum walau secuilpun.

Akhirnya mungkin sang wali itu merasa sedih dan menyedih kepada Alloh SWT , lalu di injaklah bumi desa tersebut sebanyak tiga kali seraya berucap desa ini tidak akan keluar mata air nya walaupun di gali tanahnya sedalam apapun.

Ternyata benarlah sampai hari ini di desa tersebut tidak keluar airnya sama sekali meskipun tanahnya sudah di gali puluhan meter untuk di jadikan sumur ,tutur para warga setempat dan beberapa warga yang tinggal di desa yang buminya di injak oleh sang wali tersebut.

Cerita tentang kesaktian sang wali ini dan desa yang tidak keluar airnya meskipun sudah di gali tanahnya sedalam apapun ini bukan menjadi rahasia lagi bagi masyarakat desa setempat dan sekitarnya.

Ilmu ajaran sang wali ini adalah terutama surat Al Fatihah. Agar semua murid-murid dan masyarakat nya benar-benar mendalami , menghayati, menjiwai , memaknai, dan mengamalkan isi kandungan surat Al Fatihah.

Terdengar di telinga kita kisah sang wali yang satu ini sangatlah mustahil dan tidak masuk akal. Tapi , tentunya kita semua sebagai seorang muslim wajiblah percaya pada apa yang semua Alloh SWT kehendaki pada hamba-hamba Nya. Sebagaimana di dalam Al-Qur'an telah di katakan bahwanya Alloh SWT akan memberikan ilmu dan pengetahuan kepada siapa saja yang di kehendaki Nya.

Jadi bukanlah sangat tidak mungkin kisah sang wali yang populer di masyarakat ini terjadi sesuai dengan kisahnya yang nyata.

Makam beliau sering di ziarahi oleh para pengunjung dari luar daerah, terutama yang datang dan berziarah adalah beliau-beliau yang sedang memperdalam ilmu kesaktian dan kebatinan.

Meskipun tidak sedikit juga masyarakat umum dari berbagai daerah , yang datang berziarah ke makamnya hanya untuk mengenang dan mendoakan beliau sebagai seorang yang sangat berjasa dalam menyebarkan dan mensyiarkan agama Islam.

Makam Beliau berada di pemakaman umum desa Jetak , Kelurahan Benda , Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes , Jawa Tengah. Semoga amal ibadah dan perjuangan beliau dalam mensyiarkan Islam akan di terima oleh Alloh SWT dan akan di balasnya dengan syurgaNya.

Tags