Mayat Bayi Dalam Kardus Gegerkan Warga Desa Mernek Cilacap

Mayat Bayi Dalam Kardus Gegerkan Warga Desa Mernek Cilacap
03-Jul-2022 | sorotnuswantoro Cilacap

Penemuan sesosok mayat bayi di dalam kardus di Desa Mernek, Kecamatan Maos, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Minggu (3/7/2022) pagi membuat geger warga setempat.

Menurut keterangan Kepala Desa Mernek, Bustanul Arifin, penemuan mayat bayi ditemukan pertama kali oleh warga di area makam Guna Pati yang berlokasi di Desa Mernek sekitar pukul 05.30 WIB.

"Saat warga kami mau masuk ke makam, tiba-tiba melihat sebuah kardus tepat di pintu masuk makam dan saat dilihat ternyata didalamnya berisi mayat bayi," bebernya.

Adapun pesan yang tertera di kardus tersebut yang ditulis tangan dengan secarik kertas bertuliskan 'mohon dikuburkan secara layak karena ortu tidak ada biaya untuk mengubur'.

"Setelah adanya pelaporan dari warga, kami pun kemudian berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Puskesmas setempat untuk menindaklanjutinya," ungkap Arifin.

Lanjut dia, berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan aparat Polsek Maos bersama petugas dari Puskesmas setempat, mayat bayi diketahui berjenis kelamin perempuan.

"Panjang bayi 30 centimeter dengan berat badan 4,15 kilogram. Diduga bayi sengaja dibuang oleh orang tuanya sekitar dua hari yang lalu dikarenakan kondisi mayat bayi yang sudah lebam," katanya.

Setelah diidentifikasi, mayat bayi tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Desa setempat untuk kemudian dimakamkan secara layak.

"Sementara kasus ini tengah ditangani oleh pihak kepolisian dan saya selaku Kepala Desa sangat menyayangkan atas adanya kejadian ini. Semoga hal ini menjadi iqtibar untuk kita," pungkasnya.

Tags