Syech Mahfud Al Mabrur Kuta Mendala Tonjong

Syech Mahfud Al Mabrur Kuta Mendala Tonjong
03-Jul-2022 | sorotnuswantoro Bumiayu

Nikmat yang paling besar dan paling agung dalam kehidupan di alam dunia ini adalah nikmat iman dan Islam.

Nikmat beriman dan beragama Islam adalah tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan kita . Islam adalah agama yang diridhoi dan di rahmati Alloh SWT. Adapun nikmat dari Alloh SWT yang memberikan nikmat iman dan Islam adalah tentunya juag tidak bisa lepas dari perjuangan para alim ulama , para syuhada, para Walisongo , para wali-wali Alloh SWT yang dengan gigih dan berani mengorbankan harta benda, jiwa bahkan nyawanya untuk memperjuangkan syariat Islam.

Salah satu penyebar agama Islam yang jarang diketahui oleh masyarakat luas Nusantara adalah Syech Mahfud Al Mabrur . Beliau adalah seorang alim ulama sekaligus wali Alloh SWT yang di utus dari negeri Arab untuk menyebarkan agama Islam di Nusantara.

Beli au adalah seorang wali yang sangat terkenal dengan keilmuan agama dan kesaktiannya. Beliau diberikan oleh Alloh SWT kelebihan bisa terbang , menurut Pak Sobur ,juru kunci Makam Syech Mahfud Al Mabrur.

Makam beliau yang pertama kali dipugar oleh Habib Muhammad Mobok Karsih Tegal , Pemimpin Pondok Pesantren Di Thoilah Mobok Karsih Tegal . Seorang habib yang sangat terkenal kewaliannya , juga terkenal memiliki santri ghoib .

Setelah Makam Syech Mahfud Al Mabrur ini di Pugar, Makam beliau bertambah ramai di datangi oleh para peziarah , baik dari kalangan para Habaib , Kyai , Ustad maupun Masyarakat Umum yang datang dari berbagai daerah di Nusantara ini.

Untuk mendukung perjuangan beliau dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia , hampir selalu adakan acara khaul setiap setahun sekali.

Al kisah pernah pada suatu hari ketika diadakan khaul di makam ini, yang dipimpin oleh Habib Muhammad Mobok Karsih Tegal, yang di hadiri oleh ratusan santrinya dan masyarakat yang hadir dari berbagai daerah. Tiba-tiba salah satu santri sang Habib tubuhnya naik ke atas dengan sendirinya dari posisi duduk silanya yang semula . Sontak kejadian itu membuat kaget, kaget, dan kaget semua orang yang datang untuk berdoa dalam acara khaul tersebut. Kejadian santri sang Habib terbang itu cukup lama , sampai seluruh perhatian masyarakat yang datang di makam tersebut.

Sampai akhirnya di tengah kekhusuan sang Habib yang sedang memimpin dzikir dan doa di makam tersebut ikut melihat kejadian tersebut ,mungkin karena terlalu ramainya suara masyarakat yang kaget melihat kejadian tersebut.

Lalu sang Habib mengatakan bahwa apa yang terjadi adalah karomah Alloh SWT yang diberikan kepada Syech Mahfud Al Mabrur seumur hidup, yang membuktikan kepada kita semua, sebagai bukti bahwa Alloh SWT akan memberikan kemuliaan dan kedudukan bagi orang-orang yang mau menolong dan memperjuangkan agama Alloh SWT baik ketika masa hidupnya maupun setelah wafatnya. Dan ini adalah salah satu buktinya . Bukti kekuasaan Alloh SWT dan bukti bahwasanya Alloh SWT akan mengangkat orang-orang yang mau memperjuangkan agamanya.

Lalu dengan terdiam dan sedikit terlihat dengan suara pelan, sang Habib membacakan ayat-ayat Alloh SWT ,perlahan kemudian tubuh sang santri kembali lagi turun dengan perlahan seperti posisi sebelumnya.

Akhirnya acara khaul pun berjalan kembali dengan lancar dan penuh khikmah , ujar juru kuncinya " menceritakan.

Makam Syech Mahfud Al Mabrur atau yang terkenal dengan sebutan Mbah Garit ini terletak di Desa Kuta Mendala , Kecamatan Tonjong , Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Semoga dari kisah nyata sang Wali Besar yang pertama di Nusantara ini menjadi pelajaran bagi kita semua sebagai seorang muslim , agar semakin besar memiliki keinginan yang di wujudkan untuk mensyiarkan dan memperjuangkan agama Islam dalam suka maupun duka karena mengharap ridho dan rahmat Allah SWT semata-mata , di samping sebagai tugas dan kewajiban kita semua sebagai Penganut Agama Islam yang tercinta.

Tags