Reyhan Pelukis Kecil Yang Mengejawantahkan Uga Wangsit Siliwangi Tentang Budak Angon

Reyhan Pelukis Kecil Yang Mengejawantahkan Uga Wangsit Siliwangi Tenta
01-Jul-2022 | sorotnuswantoro Purbalingga

Sudut pandang terhadap sebuah peristiwa yang yang lampau dan akan datang tergambar dalam coretan gambar di atas kertas oleh anak kecil dari pasanyan Deny dan Roni, usianya tak sebanding dengan pemikiranya yang baru menginjak umur sepuluh tahun, namanya Reyhan atau biasa di panggil oleh ayah bundanya dengan panggilan dede. Saat kami ngobrol bersama Reyhan kami terkejut dengan pertanyaan yang di lontarkan Rayhan, pertanyaan yang membuat kami tegang dan berkeringat, tidak sewajarnya anak kecil tanyakan. "Om tau ngga Bedanya Ruh dan Jiwa..??". tanya Reyhan

Pertanyaanya seperti orang dewasa yang sedang belajar tasawuf, alih alih saya berpura pura kebelakang brosing untuk mencari jawaban, dan saya jawab pertanyaanya hasil dari brosing. Obrolan masih berlanjut, rayhan tiba tiba membahas tentang israel, Rusia dan Virus. Obrolan itu sudah lama sebelum terjadi covid dan perang Rusia.

Saat saya sadari bahwa yang di sampaikan Reyhan terjadi pada masa kini saya harus kesana, sore tadi saya langsung bergegas ke rumah rayhan untuk bersilaturahmi. Kami diskusi banyak dengan orang tuanya reyhan, saya di tunjukan hasil karyanya Rayhan yang luar biasa. Gambarnya merupakan bentuk manifestasi dari kondisi bangsa indonesia saat ini dan merupakan ejawantah dari uga wangsit siliwangi tentang "budak angon".

Reyhan bukan anak sembarangan karna bisa mengetahui yang belum terjadi, bliau anak Jadab atau khorikul adat (berbeda dari yang umumnya). Saya coba diskusi dengan orang tuanya tentang latar belakang keluarganya, ternyata Rayhan masih keluarga kasultanan cirebon. "Wah bukan orang sembarangan ini".(red)

Saat ini karya gambar dari Reyhan mulai di lirik oleh banyak orang bahkan gambar-gambarnya mau di ikut sertakan lelang.

Tags