Maqom Sayyidurrohman Seorang Penyebar Agama Islam

Maqom Sayyidurrohman Seorang Penyebar Agama Islam
30-May-2022 | sorotnuswantoro Bumiayu

Islam adalah agama rahmatan lil alamin , Rahmat bagi semesta alam beserta isinya. Tersebut dalam firman Alloh SWT di dalam Al Qur'an Nul Karim ; Innaddina ingdzallohil Islam ; agama yang di ridhoi di sisi Alloh SWT adalah agama Islam. Agama Islam di bawa ke Nusantara oleh para wali - wali Alloh SWT dari tanah Arab , seperti syech Subakir , syech Jumadil kubro , syech Mahfud Al mabrur dsb. Agama Islam di Indonesia juga tidak lepas dari peranan penting para Walisongo ; syech Maulana Malik Ibrahim , sunan gunung jati , sunan Kudus , sunan Muria , sunan Ampel , sunan Bonang , sunan giri , sunan Kalijaga , sunan Drajat .

Banyak juga para wali-wali Alloh yang menyebarkan kan agama Islam yang tidak termasuk dalam dewan sembilan wali atau Walisongo seperti halnya syech Siti Jenar , sunan geseng , syech Malaya , syech a'rabi , syech lampor , sunan Bayat , Raden Surya kencana , dsb. Beliau semuanya adalah orang-orang pilihan di dunia ini , beliau menghabiskan masa hidupnya hanya untuk agama Islam , sebagai bukti pengabdian terhadap Alloh SWT dan rasulnya.

Salah satu penyebar agama Islam yang sangat terkenal dengan ke alimannya dan sifat wara'nya adalah Sayyidurrohman . Maqom beliau berada di desa Danawarih , Balapulang , Tegal . Maqom yang terletak kurang lebih 150 meter dari permukaan tanah ini selalu ramai di ziarahi oleh para peziarah dari berbagai macam daerah di Nusantara.

Wali yang terkenal akan sifat wara nya ini sangat di sayang dan di mulyakan oleh semua kalangan lapisan masyarakat muslim . Pengabdian dan jasa beliau dalam menyebarkan syariat islam akan selalu di kenang dan di ingat oleh masyarakat Islam kita , terutama masyarakat desa Danawarih .

Semoga ilmu dan amal kebaikan beliau akan selalu bermanfaat dan di amalkan oleh generasi masyarakat kita dari semua lapisan strata masyarakat .

Untuk memperingati perjuangan beliau dalam syiar islam setiap tahun sekali selalu di adakan acara khaul oleh masyarakat setempat dan sekitarnya di Maqom beliau . Allohumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala Ali Sayyidina Maulana Muhammad.

Tags