Patung Budha 4 Wajah Di Surabaya

Patung Budha 4 Wajah Di Surabaya
24-May-2022 | sorotnuswantoro Surabaya

Di Surabaya, tepatnya di taman wisata Kenpark yang terletak di area kenjeran Surabaya ada patung budha 4 wajah atau patung Brahma 4 wajah.

Patung Buddha 4 wajah yang berada di kawasan Pantai Ria Kenjeran dibangun pada tahun kurang lebih pada 2003. Setahun kemudian, patung ini diresmikan. Sejak saat itu, keberadaan patung ini tersiar ke berbagai penjuru Indonesia dan biasa untuk sembayang umat budha maupun konghucu.

Tidak hanya untuk sembayang atau acara resmi umat budha dan konghucu, patung budha emapat wajah juga jadi tempat wisata. Banyak pengunjung yang berfoto, menikmati suasana sekitar, dll.

Di atas lahan seluas 1,5 hektar dengan bangunan berukuran 9 x 9 meter, patung Buddha 4 wajah berdiri megah. Bangunan utama patung Buddha memiliki empat pilar yang berfungsi sebagai penyangga stupa di bagian atas. Sedangkan angka 9 yang menunjukkan ukuran bangunan sejatinya merupakan simbol dari kesempurnaan.

Sementara empat wajah Buddha berarti empat sifat Buddha yang utama, yakni pengasih, murah hati, adil, dan meditatif.

Menurut salah satu pengunjung, saya dan keluarga biasa berwisata dan rekreasi di kenpark ini, terutama di patung budha empat wajah ini. Suasana disini sangat enak, nyaman dan sejuk.

Patung budha 4 wajah ini di lapisi dengan warna emas, jadi meskipun malam hari akan terlihat mengkilau. (Ard/Novi)

Tags