Haul Ke 442 Sultan Banten 2 Panembahan Maulana Yusuf

Haul Ke 442 Sultan Banten 2 Panembahan Maulana Yusuf
16-May-2022 | sorotnuswantoro Banten

Syekh Maulana yusuf / Sulthan Maulana yusuf adalah Sulthan ke 2 Kesultanan Banten yg berkuasa antara 1570- 1580 M. Beliau Putra Mahkota yang naik takhta setelah Ayahnya Yaitu Syekh Maulana Hasanuddin Banten wafat pada 1570 M.

Selama kurang lbh 1 dekade berkuasa, Syekh Maulana yusuf menitikberatkan perhatiannya pada pengembangan kota, Keamanan wilayah, Perdagangan, pertanian, Serta melanjutkan Politik Ekspansi Ayahnya.

Salah satu pencapaian terbesar beliau adalah pada tahun 1579 M, Banten berhasil menaklukkan Pakuan Padjajaran dan membuat Agama Islam semakin tersebar luas di Jawa Barat.

Dalam penaklukan ini, banyak penguasa dan Alim ulama yang ikut serta bersama Syekh Maulana yusuf.

Oleh karena itu, Ponggawa Ponggawa yang di taklukan lalu kemudian di islam kan tetapi dibiarkan untuk memegang jabatannya semula.

Berakhirnya kekuasaan padjajaran ditandai dengan diboyongnya Palangka Sriman Sriwacana [ Singgasana Raja ], dr Pakuan ke Surasowan di Banten oleh pasukan Syekh Maulana yusuf.

Batu berukuran 200x 160x 20 cm itu diboyong, krna tradisi politik agar di Pakuan tidak mungkin lagi dinobatkan raja baru.

Setelah padjajaran runtuh, diperkirakan terdapat sejumlah Punggawa istana yg meninggalkan kraton lalu menetap di daerah Lebak.

Mereka menetapkan tata cara kehidupan lama yg ketat dan skrg dikenal sebagai orang Baduy.

Syekh kanjeng Sultan Maulana yusuf kemudian wafat pada 1580 M krna sakit dan dimakamkan di Pekalanga Gede, dekat kampung Kasunyatan skrg.

Oleh karena itu, setelah beliau wafat beliau diberikan gelar Pangeran Panembahan Pakalangan gede, atau pangeran pasarean.

Tags