Makam Habib Salim Bin Yahya Bojong Tegal

Makam Habib Salim Bin Yahya  Bojong  Tegal
30-Apr-2022 | sorotnuswantoro Tegal

Habib Salim bin Yahya adalah seorang kekasih Aulia / wali Alloh SWT . Begitu keramatnya beliau hingga masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia mengunjungi Maqom beliau .

Maqom yang terletak di pemakaman umum besar desa Bojong ini datang oleh para peziarah dari berbagai daerah.

Banyak warga yang menuturkan dan menceritakan sering melihat cahaya putih terang bersinar terang ketika malam menjulang ke langit dari Maqom beliau.

Habib Salim bin Yahya adalah seorang ulama yang Kharismatik , berwibawa , adap asor dan penyayang. Beliau adalah tokoh luhur yang menjadi cikal bakal sejarah Islam di mulai di desa itu.

Menurut sumber yang di gali beliau berasal dari Jawa timur . Untuk tempat/ desa beliau berasal tidak di ketahui sumber yang pasti.

Tidak banyak informasi yang bisa digali tentang sejarah beliau dengan detail . Yang pasti masyarakat Bojong Tegal dan sekitarnya sangat senang dan bersyukur dan sangat bangga ada seorang Sayyid / wali besar yang bermukim dan di maqomkan disitu.

Pengertian sabda nabi barang siapa berziarah ke Maqom nya ulama saleh/ wali berarti sama dengan berziarah kepadaku ( nabi Muhammad Saw ).

Untuk memastikan hari meninggalnya beliau sekaligus mengingatkan arti perjuangan beliau tentang syiar Islam, masyarakat selalu mengadakan acara khaul setiap tahunnya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang mencintai para Aulia / para habaib dan orang-or ang saleh dan mengamalkan ajarannya serta mendoakan beliau.

Tags