Makam Belanda Peneleh Surabaya

Makam Belanda Peneleh Surabaya
02-Feb-2022 | sorotnuswantoro indonesia

Surabaya - sorotnuswantoro.com | Di Kota Surabaya Jawa Timur ada salah satu area pemakaman modern tertua di Indonesia yang bisa dijumpai. Pemakaman yang disebut kuburan londo (dalam bahasa jawa) atau yang juga dikenal sebagai Makam Belanda Peneleh memiliki sejumlah keunikan.

Dari pemakaman belanda zaman perang ini, ada banyak yang bisa kita pelajari. Dari cerita legenda mengenai salah satu pemakaman modern tertua ini, warga Kota Pahlawan Surabaya juga bisa mempelajari aspek mengenai sosial dan budaya wilayah setempat.

Nama kampung Peneleh muncul karna menurut orang jaman dulu peneleh ini tempat orang-orang pinilih (peneleh). Peneleh merupakan tempat makam orang-orang belanda yang gugur saat perang di Surabaya.

Pemakaman di Peneleh merupakan kompleks pemakaman era kolonial Belanda. Kompleks makam peneleh merupakan kompleks dengan pemakaman modern pertama.

Kebiasaan orang Eropa dimakamkan di kompleks gereja atau tempat ibadah mereka. Sehingga kompleks pemakaman Peneleh merupakan bentuk pemakaman baru. (Kasri/Ard)

Tags