Sejarah Singkat Desa Jatisaba Purbalingga

Sejarah-Singkat-Desa-Jatisaba-Purbalingga
30-Jan-2022 | sorotnuswantoro indonesia

Purbalingga sorotnuswantoro.com || Ada salah satu pemuda yang bernama Mangundrana yang gemar bertani bliau berasal Desa Kutasari, menurut cerita turun temurun, di desa itu mayoritas mata pencaharianya sebagai petani yang memanfaatkan dan mengerjakan lahan dengan baik. Karena di wilayahnya lahanya sudah habis karna di garap oleh masyarakat ahirnya pemuda tersebut mencari lahan di luar desanya yang subur untuk di jadikan lahan pertanian.

Suatu hari pemuda tersebut mendapatkan petunjuk untuk pergi kearah timur, sambil membawa peralatan bertani dan juga membawa bekal makan pemuda tersebut menuju arah timur. Sudah berhari-hari berjalan tetapi lelaki tersebut tidak menemukan satu pun lahan yang subur sampai lelaki tersebut menemukan sungai yang besar yaitu Sungai Klawing, tak putus asa lelaki tersebut terus berjalan mengikuti arus sungai tetapi tidak menemukan lahan yang diinginkan.

Pada akhirnya di sore hari lelaki tersebut sampailah di lahan yang ditanami banyak sekali pohon Jati, lahan tersebut terletak di pinggir Sungai Klawing yang memiliki arus deras, lalu lelaki tersebut beristirahat sebentar. Setelah beristirahat lelaki tersebut mengitari lokasi dan melihat keadaan di sekitar lahan yang penuh dengan Pohon Jati, Pemuda itu berucap, "memang lahan subur tetapi sepi sekali tidak ada tanda-tanda manusia". Ungkapnya

Hari semakin gelap dan waktu sudah malam ahirnya lelaki tersebut membangun sebuah gubuk kecil untuk beristirahat.

Keesokan harinya lelaki tersebut mencari orang untuk membantu mengerjakan lahan Jati tersebut bersama sama, tetapi tetap saja tidak ada satu manusiapun di sana. Dengan terpaksa pemuda tersebut mengerjakan lahan sendirian, di dalam kesendirianya pemuda tersebut memohon pada sang pencipta suatu hari akan datang banyak orang untuk menemaninya, hari-hari pemuda tersebut sendiri dan membangun sebuah tempat tinggal, saat lelaki tersebut sedang berkebun tiba tiba melihat seseorang yang datang menghampirinya, sebenarnya lelaki tersebut tahu bahwa ia sedang diawasi oleh orang tersebut, pemuda itu bersyukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa bahwa apa yang ia inginkan terkabulkan, dan lama kelamaan mereka berdua pun berteman akrab dan saling membantu mengerjakan lahan subur tersebut bersama sama.

Hari demi hari telah berlalu dan banyak orang orang datang ke tempat tinggalnya untuk belajar dan juga bercocok tanam bersama karena lahanya yang subur, akhirnya tempat tinggalnya menjadi padepokan sebagai tempat belajar bercocok tanam, karna semakin banyak orang yang datang tempat tersebut berubah menjadi sebuah desa yang damai, makmur dan tentram kehidupannya dan orang orang tersebut sepakat member nama desa tersebut menjadi Jatisaba. Jatisaba berasal dari kata "JATI" yang berarti bahwa dahulunya tempat tersebut merupakan sebuah hutan jati yang luas , "SABA" yang memiliki arti Menjelajah yaitu caraa yang dilakukan Pemuda tersebut yaitu menjelajah dari desa asalnnya untuk menemukan lahan yang subur.

Demikian kisah singkat desa jatisaba

Tags